Sabtu, 31 Januari 2009

Aku pernah melalui moment ini…(^_^)

Malam ini aku tidak tidur sendiri, aku ditemani beberapa mahasiswa ku yang datang kerumah khusus untuk belajar akuntansi. Mereka datang dengan kesungguhan dan keyakinan bahwa dengan belajar semalam ini akan membuat mereka semakin percaya diri untuk mengikuti UAS besok. Aku sebagai dosen mereka juga optimis kalau mereka pasti bisa menghadapi ujian besok dengan bekal yang kuat.

Yaahh…aku bisa merasakan kejenuhan mereka, disela semangat yang kuat untuk belajar, tapi tetap juga ada keluh-keluh kecil saat mereka menemukan beberapa soal yang terasa bagai memeras otak. Aku juga menyadari kelemahan mereka, tidak mudah bagi mereka untuk mengerti secepat itu, selain mereka bukan anak-anak yang berlatarbelakang dari SMK mereka juga tidak didukung oleh pendidik yang memotivasi mereka untuk belajar dan bahkan aku melihat minim sekali pengetahuan yang mereka peroleh dari dosen itu.

“Aduuhhh…kok yang gini aja masih susah ya, padahal kan ibu udah jelasin berulang-ulang?” mereka hanya tersenyum mendengar lontaran kalimat ku, karena mereka juga tak berdaya, satu-satunya yang tersirat dari senyuman itu adalah berharap aku tetap sabar untuk terus menjelaskan setiap soal. Dan aku pun, tetap berjuang untuk sabar memberikan penerangan untuk setiap materi. Hehehe…ayo senyum bu!!

Aku ingin mereka bukan hanya sekedar pintar tapi aku sangat berharap ilmu ini akan membawa mereka kepada pengertian yang lebih luas lagi. Aku juga ingin sekali menjadi model yang baik buat anak-anak ini, karena aku pernah di posisi mereka juga. Aku sangat bisa merasakan apa yang mereka rasakan, dan mungkin hanya berbeda waktunya saja.
Aku ingin terus memotivasi mereka, aku berusaha menerapkan cara belajar ku untuk membantu mereka sehingga ini akan terus berulang kepada generasi-generasi yang lain. Aku punya style sendiri untuk itu.

Sampai selarut ini kami masih belajar, aku lihat mereka sudah kelelahan, dan aku juga tidak memaksakan mereka untuk belajar keras, tapi ayo kita belajar dengan cara yang santai tapi kalian tetap pada jalur fokus. Dan mereka pun tetap bersemangat….
Aku juga menceritakan kisah yang pernah kualami sewaktu seusia mereka dan harus tidak tidur hanya untuk belajar akuntansi (karena aku juga bukan dari latar belakang SMK), bahkan saat itu aku minum coffee agar gak ngantuk, jadi aku bisa belajar sampai pagi, dan terus belajar….sampai akhirnya aku benar-benar tidak tidur, tapi akhirnya aku berhasil mengerjakan semua soal dan mendapat nilai terbaik. Hahahahaha…..aku puas sekali walau saat itu aku malah makin gak bisa tidur sampai badan ku lemasss……tapi setelah nilai ku keluar aku langsung telepon ke orangtua karena aku bangga dengan apa yang telah kulakukan. Hmmmm…..aku menawarkan cerita ini kepada mereka (atau jangan-jangan mereka gak mau tidur karena itu ya? Hihi..)….

…skip….

Tadi aku melihat kondisi mereka, kasian juga……..mereka masih bertahan untuk belajar (^__^)

Yaahh…aku sangat berharap, lewat apa yang sudah aku alami, mahasiswa ku akan semakin termotivasi untuk belajar. Belajar dengan baik, untuk mempersiapkan diri mereka menjadi yang terbaik juga. Aku juga berdoa, biarlah ilmu ini akan membuat kami semakin menyadari pentingnya arti ilmu pengetahuan yang pada akhirnya kami gunakan untuk memuliakan nama Tuhan.

Menatap mereka yang sedang belajar, aku juga sedang menatap diri ku dulu
Seseorang yang punya semangat belajar yang tinggi, yang gak pernah menyerah untuk menyelesaikan studi tanpa lelah…hmmmm..
Seharusnya hal ini sangat memotivasi ku sekarang, yang lagi malas-malas nya belajar..hiks..
Mikirin apa sih bu???(^__*)

Selamat belajar anak-anak…

‘love
pipien.

1 komentar:

Sahabat Q... mengatakan...

makci y bu' dah rela g' tdr semalaman demi ngajari kami
anak-anak didik ibu yang imut,maniZz n Cantik2...(narsis bunget y bu')
He...he...
qmi berharap ibu g' bosen2 ngajari kami y bu'...